Membuat DHCP Server Statik di Mikrotik

Di Mikrotik, kalian bisa membuat dimana hanya komputer-komputer tertentu sajalah yang boleh meminjam IP address ke DHCP Server Mikrotik. Ini merupakan salah satu teknik pengamanan DHCP Server lanjutan dari artikel saya sebelumnya yang berjudul Memaksa Klien Harus Menggunakan DHCP di Mikrotik. Dengan menggunakan 2 teknik ini, dijamin tidak akan ada komputer penyusup di jaringan kalian. Karena yang boleh meminjam IP ke jaringan kalian hanyalah komputer-komputer yang telah kalian daftarkan saja. Selain itu, mereka juga tidak bisa menggunakan IP Statik. Maka diharapkan, dengan menerapkan teknik-teknik ini jaringan yang kalian kelola akan menjadi sedikit lebih aman.

Lalu bagaimanakah caranya? Oiya, sebelumnya seperti biasa, saya akan menjabarkan bentuk topologi jaringan yang kita gunakan terlebih dahulu agar tidak terjadi kebingungan diantara kita nantinya.



Internet--------(ether1)Mikrotik(ether2)---------LAN

Subnet LAN : 192.168.1.0/24
IP Address yang diperbolehkan meminjam IP : 192.168.1.2


1. Oke, langkah pertama adalah kalian harus membiarkan terlebih dahulu komputer yang nantinya ingin kalian perbolehkan meminjam IP dari DHCP Server untuk terkoneksi ke jaringan kalian terlebih dahulu. Ketika komputer tersebut sudah terkoneksi, maka IP Address komputer tersebut akan muncul pada menu IP > DHCP Server > Leases.


2. Pada saat ini, komputer tersebut masih mendapatkan IP Address yang akan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu kita perlu menjadikannya statik. Caranya adalah dengan menekan tombol Make Static setelah kalian melakukan seleksi pada baris komputer tersebut.


3. Untuk langkah selanjutnya, bukalah menu IP > DHCP Server > DHCP. Kemudian editlah konfigurasi DHCP Server milik kalian masing-masing dengan mengkliknya sebanyak dua kali. Ketika terbuka sebuah jendela baru. pada bagian Address Pool, ubahlah menjadi Static-only. Kemudian klik Apply > OK.


4. Sekarang cobalah untuk mengkoneksikan salah satu komputer yang IP Addressnya belum kalian jadikan Statik pada menu Leases tadi. Pasti komputer tersebut tidak akan mendapatkan pinjaman IP.

Semoga bermanfaat :)

0 Response to "Membuat DHCP Server Statik di Mikrotik"

Posting Komentar